8 Manfaat Gemar Membaca Novel Fiksi untuk Otak

Apakah Anda pecinta novel fantasi? Nah ternyata hobi membaca novel fiksi tersebut bukan hanya sekedar bermanfaat untuk mengisi waktu luang saja, tapi juga sekaligus membantu perkembangan otak Anda, loh!

Berbeda dengan buku non fiksi yang memiliki tema nyata seperti sains, novel fiksi sendiri adalah karangan cerita khayalan yang dimana pembaca harus membayangkan atau mengimajinasikannya sendiri. Tidak heran kalau pembacanya sangat membludak.

8 Manfaat Membaca Novel Fiksi untuk Perkembangan Otak

Meski termasuk cerita karangan menulis, ternyata membaca cerita fantasi memiliki manfaat tersendiri bagi pembaca khususnya untuk bagian otak. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan membaca novel fiksi, silakan simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Bukan hanya sekadar membaca, cerita fiksi mampu membantu meningkatkan daya ingat Anda sebagai pembaca. Bahkan membaca novel tersebut diyakini sebagai cara terbaik untuk mengingat informasi dalam jangka panjang.

Manfaat tersebut juga didukung oleh sebuah studi di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences yang menyatakan bahwa orang yang senang membaca, khususnya novel fiksi, menunjukan kecenderungan penyakit Alzheimer yang sangat rendah.

2. Meningkatkan Konektivitas Otak

Ternyata membaca novel fiksi mampu memicu hubungan pada korteks temporal kiri sebagai area penerimaan bahasa. Hal inipun diperkuat oleh penelitian di Emory University’s Center for Neuropolicy mengungkapkan bahwa membaca mampu menyebabkan perubahan otak.

Saat Anda membaca buku fiksi, neuron di otak yang berperan sebagai penghantar informasi akan membuat representasi sensasi pada tubuh. Akibatnya, Anda dapat mengimajinasikan cerita yang dibaca dengan tindakan fisik.

3. Meningkatkan Kapasitas Memori

Siapa sangka membaca novel fantasi akan membantu Anda untuk meningkatkan kapasitas memori di otak. Bagaimana tidak, membaca melibatkan banyak fungsi otak seperti kesadaran fonemik, proses visual, hingga pendengaran.

Dengan begitu, membaca akan memberikan Anda banyak waktu untuk berpikir sekaligus membayangkan narasi yang dibaca. Apalagi jika Anda membaca buku fiksi, kegiatan tersebut ampuh meningkatkan ingatan.

4. Mampu Berpikir Secara Berurutan

Kegiatan membaca mengharuskan Anda untuk menyerap informasi secara linear dan tidak boleh lompat dari satu cerita ke cerita lain. Aktivitas tersebut tentunya akan memberikan waktu bagi otak untuk mencerna informasi.

Semakin banyak Anda membaca, maka Anda pun bisa semakin banyak berlatih untuk meluangkan waktu bagi otak untuk memproses sebuah narasi yang lama kelamaan mampu meningkatkan kemampuan memori jangka panjang.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Pernahkah Anda membayangkan bahwa semakin banyak membaca maka akan semakin cerdas? Bukan tanpa alasan, membaca novel akan membantu Anda menambah kosa kata baru sehingga kecerdasan pun akan ikut meningkat.

Selain itu, membaca juga bisa sekaligus meningkatkan kekuatan otak. Manfaat ini akan sangat terasa di kehidupan sehari-hari, dimana Anda bisa berbicara dengan kata-kata yang lebih bervariatif.

 6. Meningkatkan Kreativitas

Membaca cerita fiksi dapat meningkatkan kreativitas karena proses membaca tersebut merangsang imajinasi dan memicu aktivitas otak yang terkait dengan kreativitas. Selain itu, membaca juga memberikan wawasan emosional yang mendalam.

Saat membaca novel fiksi, pembaca seringkali dihadapkan pada dunia-dunia baru, karakter-karakter yang unik, dan plot yang kreatif. Proses membayangkan dan memvisualisasikan situasi-situasi inilah yang dapat merangsang imajinasi.

7. Menghilangkan Stress

Tahukah Anda, membaca novel fiksi dapat membawa pembaca ke dalam dunia cerita berbeda yang dapat menjadi pengalihan perhatian dari masalah sehari-hari dan stres yang mungkin Anda alami.

Membaca juga akan memberikan pengalaman yang rileks serta menenangkan. Pasalnya saat membaca, tubuh cenderung rileks, dan perubahan perhatian dari dunia nyata ke dalam cerita dapat membantu menurunkan tingkat stres dan ketegangan.

8. Meningkatkan Kemampuan Empati

Saat membaca tentang pengalaman karakter dalam novel, Anda dapat mengalami empati terhadap kondisi dan perasaan orang lain. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan membaca perasaan orang lain dan memahami perspektif yang berbeda.

Novel fiksi sering kali membawa pembaca ke dunia-dunia yang berbeda dengan menyajikan perspektif-perspektif yang mungkin tidak pernah dialami. Sehingga membuka pikiran dan empati Anda terhadap pengalaman dan sudut pandang yang beragam.

Untuk merasakan sejumlah manfaat membaca novel fiksi tersebut, sekarang saatnya Anda untuk berkunjung ke GoodDreamer. Sebagai platform novel online, GoodDreamer adalah tempat terbaik untuk menemukan ratusan cerita fiksi dari berbagai genre.

Selain novel fantasi, GoodDreamer juga menyuguhkan pilihan lainnya seperti novel romansa, misteri, horror, hingga sains fiksi yang mampu membawa Anda ke dunia yang lebih menyenangkan. Jadi yuk kunjungi website https://gooddreamer.id/novel_fantasi sekarang juga dan baca cerita-cerita fantasi kesukaan Anda!

 

 

 

 

Referensi:

https://kids.grid.id/read/473662221/suka-baca-novel-fiksi-ini-5-manfaatnya-yang-baik-untuk-otak?page=all

https://kids.grid.id/read/473482067/sering-disepelekan-ini-6-manfaat-membaca-novel-bagi-kesehatan-otak-dan-mental?page=all

https://www.klikdokter.com/info-sehat/saraf/manfaat-gemar-membaca-untuk-kesehatan-otak-anda

https://news.schoolmedia.id/artikel/5-Manfaat-Tak-Terduga-Membaca-Novel-Fiksi-Menurut-Ahli-104

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *